Kamis, 03 Mei 2012

Sistem Tanam Jajar Legowo Untungkan Petani di Balongan

Panen raya jajar legowo berlangsung meriah di lapangan sawah, Desa Majakerta Kecamatan Balongan. Sistem jajar legowo merupakan terobosan baru yang diluncurkan RU VI Balongan untuk kepentingan petani setempat. Panen raya langsung dilakukan Kepala Humas RU VI Balongan Yudy Nugraha, Camat Balongan, kelompok tani dan kepala Gapoktan setiap desa di wilayah Balongan.

Ketua kelompok tani Kecamatan Balongan, Tawin Winata mengakui panen raya perdana jajar legowo memberikan penghasilan yang lebih dari tahun-tahun sebelumnya. "Tanam jajar legowo ini diberikan oleh Pertamina kepada masyarakat petani," kata Tawin. Menurutnya, penerapan tanam jajar legowo terbukti meningkatkan hasil yang diperoleh para petani dibandingkan dengan cara biasa. Tanam jajar legowo, tambahnya menggunakan sistem 20 x 30 x 40 dan hasil yang diperoleh sangat memuaskan petani.

Sementara itu Kepala Humas RU VI Balongan, Yudy Nugraha menyampaikan bahwa tanam jajar legowo direkomendasikan Pertamina kepada petani Balongan yang membuat produktif panen padi tahun ini. Sistem ini juga selain mengeluarkan biaya minim, pendapatannya pun lebih besar," jelas Yudy.

Sumber: Koran Radar Indramayu 3 Mei 2012


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar